Memilih wallpaper dinding memang gampang gampang susah, apalagi kalau sudah bicara karakter tiap orang, apakah untuk cowok atau cewek, menyesuaikan dengan konsep utama rumah dan sebagainya. Wallpaper dinding juga bukan sekadar pelapis tembok saja, tapi memiliki tujuan khusus seperti kebutuhan estetika, aspek fungsionalitas dan lain-lain. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan sejumlah hal sebelum membeli wallpaper dinding.

Karakteristik kamar cowok biasanya berbeda dengan kamar cewek. Cowok cenderung menyukai desain sederhana, furnitur minimalis dan mempertegas shape tajam. Wallpaper dinding sendiri memiliki peran pendukung di dalam konsep kamar cowok, namun tetap vital karena bisa mempengaruhi banyak aspek. Berikut ini hal-hal yang mesti jadi perhatian sebelum membeli wallpaper untuk kamar cowok.

Luas kamar

Kamar cowok umumnya tidak terlalu luas. Mereka ogah neko-neko menyoal ukuran kamar, yang penting cukup nyaman untuk sekadar melepas lelah. Akan tetapi, kesalahan dalam menentukan wallpaper dinding bisa membuat penghuninya tidak betah. Jika kamar berukuran kecil, dianjurkan menggunakan wallpaper dinding berwarna terang, khususnya putih, agar membuat ruangan terkesan lebih bercahaya dan luas. Akan lebih oke jika Anda memilih wallpaper putih bermotif minim agar kesan luas pada ruangan lebih terasa.

Sedangkan, apabila kamar Anda berukuran agak luas, tentunya Anda memiliki keleluasaan lebih dalam memilih wallpaper dinding untuk kamar. Namun, pastikan warna dan motif yang dipilih masih sesuai dengan tema desain kamar. Misalnya, jika Anda mengusung kamar dengan desain bertema minimalis, Anda bisa memilih wallpaper dinding untuk kamar cowok bermotif garis.

Ketahui interest

Kalau Anda hendak memilihkan wallpaper untuk putra Anda, tanyakan sesuatu yang menjadi kesukaannya. Misalkan putra Anda menyukai sepak bola ketimbang basket, Anda sebaiknya tidak membeli wallpaper dinding bertemakan basket. Ini bisa membuat putra Anda tidak kerasan di kamar tidurnya sendiri. Atau mungkin putra Anda menyukai hal-hal yang berhubungan dengan laut, maka Anda bisa memilih wallpaper dinding berwarna biru laut. Baru setelah itu tambahkan pernak-pernik bertema laut di kamarnya.

Warna

Mengenai warna, ini bergantung pada luas kamar dan interest. Usahakan pemilihan warna wallpaper dinding selaras dengan interest, namun tetap memperhatikan aspek fungsionalitas terkait luas kamar. Memaksakan warna favorit tapi mengindahkan aspek-aspek tersebut bakal membuat suasana kamar tidur malah tidak karuan.

Lalu, usahakan untuk tidak menggunakan wallpaper dinding dengan warna terlalu mencolok, contohnya merah atau oranye, karena bisa membuat anak lebih sulit tidur. Pilih warna-warna yang cenderung menyejukkan seperti biru, hijau, atau krem.

Motif

Kamar cowok sepatutnya memiliki wallpaper dinding dengan motif maskulin. Namun, jangan takut memilih warna atau motif feminim. Anda bisa menggunakan motif floral dengan tone warna sephia. Motif geometris dan stripes juga bisa jadi opsi terbaik ketika Anda tak punya pilihan lain menggunakan warna-warna feminim.

Perhatikan estetika

Unsur estetika didapat pada kesan yang ditimbulkan yang muncul dari warna dan motif. Jadi, jangan sampai wallpaper dinding yang Anda gunakan hanya sekadar pelapis tembok saja. Membicarakan estetika berarti menuntut Anda untuk kreatif. Anda bisa menggunakan wallpaper dinding 3D yang bisa berfungsi tak cuma estetika, namun juga menjadikan kamar terlihat lebih hidup dan terasa lebih luas.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli wallpaper dinding untuk kamar cowok. Berbekal tips di atas, kini Anda bisa memilih wallpaper dinding yang tidak hanya mendukung estetika, tapi juga memaksimalkan kenyamanan anak. Semoga bermanfaat!

Komentar

Please rate this