5 Fakta: Ada Apa dengan Pipa Galvanis?

Pipa galvanis merupakan salah satu hasil dari coating atau pelapisan yang dilakukan menggunakan seng (Zn). Penggunaannya sudah hampir pada semua lini kebutuhan manusia. Selain tahan korosi sehingga membuatnya awet, harga pipa galvanis juga terjangkau. Berikut adalah lima fakta mengenai pipa galvanis yang perlu Anda ketahui.

Fakta ke-1: Tidak Bisa Dijadikan Saluran Air Panas

isibangunan.com

isibangunan.com

Sangat bagus jika pipa galvanis digunakan sebagai saluran air karena tahan terhadap korosi atau pelapukan. Terlebih jika digunakan di dalam tanah karena justru akan memperkuat daya tahan pipa tersebut. Namun, pipa galvanis hanya cocok dialiri air yang bersuhu rendah sampai sedang. Apabila terkena benda atau air panas, seng yang melapisinya akan mengelupas dan menyumbat lubang pipa

Fakta ke-2: Bagus Dijadikan Dekorasi

1.bp.blogspot.com

1.bp.blogspot.com

Pipa galvanis tidak hanya digunakan sebagai “barang dalam” saja, melainkan sebagai dekorasi sebuah bangunan, baik itu toko retail, hotel, restoran, maupun rumah Anda sendiri. Terutama untuk rumah bergaya industrial dan vintage yang sekarang semakin menjamur. Struktur pipa galvanis yang kuat dapat mengangkat beban yang cukup berat.

Dalam gaya bangunan atau rumah industrial dan vintage, pipa galvanis dapat digunakan sebagai rak buku, rak mainan anak dan sepatu, kaki kursi dan meja, pagar rumah, pegangan tangga, penyangga standing lamp, gantungan lampu bohlam, frame foto, serta handle pintu. Bagus menggunakan warna pipa yang asli, atau dicat dengan warna lain terlebih dahulu.

Fakta ke-3: Meminimalkan Gangguan pada Penghantar Listrik

1.bp.blogspot.com

1.bp.blogspot.com

Agar dapat menjadi pipa galvanis, sebuah pipa logam haruslah dilapisi dengan bahan yang sebagian besarnya adalah seng (Zn) sebanyak 99,7%. Seng merupakan penghantar listrik yang baik, yang diperoleh dari proses oksidasi leburan besi dalam waktu yang lama sampai mendekati titik didihnya. Karena itulah, pipa galvanis yang dilapisi seng mampu meminimalkan gangguan pada penghantar tersebut. Tiang listrik  di pinggir jalan juga menggunakan pipa galvanis sebagai bahan dasarnya.

Fakta ke-4: Bisa Tahan Sampai Setengah Abad

Cormsquare.com

Cormsquare.com

Pipa galvanis yang sebelumnya melalui proses pelapisan tipe hot dip dengan seng sebagai mayoritas bahan pelapisnya, akan memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat lama. Jika sebuah pipa galvanis digunakan baik sebagai bahan dasar maupun bahan utama sebuah benda di perkotaan, maka pipa tersebut akan awet sampai 25 tahun. Namun jika digunakan di daerah pedesaan atau daerah yang minim atau bahkan jauh dari polusi, ketahanan pipa galvanis mampu mencapai waktu yang sangat lama, yakni 50 tahun. Dengan ketahanan yang selama itu, pipa galvanis dapat menjadi saksi bisu perjalanan hidup Anda bersama anak dan cucu. Keren sekali, bukan?

Fakta ke-5: Harganya Ramah di Kantong

Alicdn.com

Alicdn.com

Salah satu kelebihan dari pipa galvanis adalah harganya yang murah. Harga pipa galvanis tidak semahal pipa jenis lain, meskipun masih lebih mahal dari pipa PVC dan pipa paralon. Namun, coba bandingkan keawetan dan kualitas antara pipa galvanis, PVC dan paralon. Pasti pipa galvanis akan lebih unggul. Dengan kualitas yang seperti ini, harga pipa galvanis termasuk dalam kategori murah. Berikut ini daftar harga pipa galvanis per batang dengan panjang sesuai standar yakni 6 meter.

 

Diameter Tebal Harga
½” 2.60 mm 160 ribu
¾” 2.60 mm 205 ribu
1” 3.20 mm 305 ribu
1 ¼” 3.20 mm 405 ribu
1 ½” 3.20 mm 460 ribu
2” 3.60 mm 625 ribu
Diameter Tebal Harga
2 ½” 3.60 mm 795 ribu
3” 4.00 mm 1,035 juta
4” 4.50 mm 1,475 juta
5” 4.85 mm 2,035 juta
6” 4.85 mm 2,415 juta
8” 5.00 mm 3,415 juta

 

Nah, itu adalah lima fakta tentang pipa galvanis. Segera ambil telepon Anda, dan hubungi +0811158309 untuk mendapatkan penawaran harga pipa galvanis yang lebih menarik dan berkualitas. Mau intip-intip lebih lanjut tentang berbagai macam barang impor? Kunjungi distributor terbaik di isibangunan.com dan borong barangnya.

2018-02-28T08:00:19+00:00 Februari 28th, 2018|Categories: Pipa Baja Ringan|Tags: , , , |

Leave A Comment