3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable

2018-10-02T11:14:12+00:00September 4th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Salah satu cara untuk membuat tampilan interior kafe terlihat lebih cantik dan mengesankan adalah dengan memoles dindingnya sedemikian rupa. Untuk itu, ada beberapa metode yang bisa digunakan, mulai dari mengecat dinding hingga memasang wallpaper. Tren terbaru adalah mengaplikasikan 3D wall panels yang bernuansa atraktif. Dengan metode ini, dinding kafe akan terlihat lebih hidup dan instagrammable.

Ada bermacam-macam alternatif material untuk dinding suatu bangunan atau rumah. Setiap pilihan material akan menciptakan kesan yang berbeda. Bahan kayu, vinyl, atau aluminium, misalnya, dapat digunakan untuk membangun kesan tradisional atau bergaya kolonial. Sementara itu, bahan-bahan dari semen fiber atau logam dapat dimanfaatkan untuk menciptakan nuansa kontemporer atau modern.

Mengenal Material 3D Wall Panels

Mengenal Material 3D Wall Panels - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - room-makers.com

3D wall panels – image : room-makers.com

Wall panels atau akrab dikenal dengan istilah panel dinding adalah material yang berfungsi untuk menutup bagian dinding yang terlihat. Bentuknya datar, terdiri atas kepingan persegi dengan ukuran tertentu, dan memiliki pola dekoratif. Panel dinding dapat menambah  kesan artistik pada interior ruangan. Dengan menggunakan material ini, tidak diperlukan lagi aplikasi cat atau bahan finishing lain untuk dinding.

Menariknya, panel dinding dapat digunakan pada satu bagian saja. Jika Anda bosan dengan panel yang sudah terpasang, material ini bisa diganti dengan mudah. Biaya yang dibutuhkan juga lebih murah. Saat ini, jenis panel dinding yang sedang populer di kalangan pecinta desain interior adalah 3D wall panels. Ini adalah panel dinding dengan tekstur 3 dimensi yang menciptakan kesan imajinatif.

Ada beberapa jenis panel dinding 3 dimensi berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu sebagai berikut:

  • Panel dinding yang terbuat dari kaca

Tahukah Anda bahwa material kaca dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membentuk 3D wall panels? Untuk tujuan ini, jenis kaca yang biasa digunakan adalah kaca tempered. Kaca tempered diyakini memiliki kekuatan 6 kali lebih besar daripada kaca biasa. Kaca jenis ini tidak mudah pecah atau retak, kecuali dihantam oleh benda keras.

Ukuran panel dinding dari kaca biasanya antara 4 hingga 6 inci per keping. Jika disusun dengan rapi, efek 3D tersebut sangat menarik. Sayangnya, warna panel dinding sangat terbatas karena bahan kaca ini tidak bisa dicat.

  • Panel dinding yang terbuat dari MDF

Panel dinding yang terbuat dari MDF - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - Aliexpress.com

3D wall panels – image : pixabay.com

MDF (Medium Density Fiberboard) adalah papan kayu dengan serat yang memiliki kerapatan sedang. Jenis kayu sintetis ini merupakan alternatif lain dari kayu alami yang semakin langka. Hal ini tidak mengherankan. Permintaan kayu untuk bahan bangunan memang semakin tinggi dan harganya pun semakin mahal.

Kelebihan 3D wall panel yang menggunakan material dari MDF adalah mudah dicat, di-veneer, atau dilaminasi. Jadi, jenisnya cukup beragam dan menarik. Namun, untuk membuat panel dinding 3 dimensi dari MDF, diperlukan mesin CNC router atau mesin ukur. Harga mesin ini cukup mahal.

Untuk membuat panel dinding, lembaran MDF akan dipotong dan diukir satu per satu. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian tingkat tinggi. Itulah sebabnya harga panel yang berbahan dasar MDF terbilang mahal. Kekurangan lainnya adalah tidak tahan api sehingga sangat rentan kebakaran. Panel dinding MDF juga dapat diserang jamur pada cuaca yang lembap.

  • Panel dinding yang terbuat dari gipsum

Gipsum adalah batu putih yang merupakan hasil pengendapan air laut. Pemilihan material ini sebagai bahan panel dinding 3D adalah karena teksturnya yang mudah dibentuk. Bahan ini juga aman untuk kesehatan karena tidak mengandung zat-zat berbahaya. Selain itu, gipsum mudah diaplikasikan pada hunian.

Untuk pewarnaan, tidak diperlukan cat khusus atau biaya penyemprotan yang mahal. Ini membuat warna dinding menjadi lebih mudah diganti sesuai selera. Kelebihan material gipsum lainnya adalah tahan api, bahkan dapat memblokir panas. Dari segi bobot, bahan ini lebih ringan daripada material nonstruktural lain. Selain itu, tampilan gipsum setelah mengalami finishing, jauh lebih rapi dibandingkan bahan-bahan lainnya.

  • Panel dinding yang terbuat dari GRC

Bahan lain yang biasa digunakan untuk 3D wall panels adalah GRC (Glassfibre Reinforced Concrete). Material komposit dari beton dan semen yang dicampur dengan serat kaca ini lebih tepat digunakan untuk memperindah bagian eksterior rumah, seperti pagar, fasad, atau dinding luar.

Keunggulan GRC adalah kuat menghadapi beban tekan. Bahan ini juga lemah menghadapi beban tarik. Material GRC pun tahan terhadap cuaca, api, jamur, dan korosi. Bobotnya juga ringan dan pewarnaannya lebih mudah. Lengkap, bukan?

Rahasia Mendesain Interior Kafe Supaya Instagrammable

Rahasia Mendesain Interior Kafe Supaya Instagrammable - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - bookatable.co.uk

3D wall panels – image : bookatable.co.uk

Saat ini, bisnis kafe sudah menjamur di mana-mana. Di kota-kota besar bahkan telah bertebaran berbagai jenis kafe yang didesain secara stylish, mulai dari nuansa vintage sampai modern. Pertumbuhan bisnis ini tak lepas dari kreativitas para pemilik usaha yang selalu menciptakan hal-hal baru demi menjaring para pengunjung.

Nah, salah satu area penting di dalam kafe yang biasa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menarik minat pengunjung adalah dinding kafe. Supaya tidak terkesan membosankan, dinding kafe disulap sedemikian rupa sehingga terlihat instagrammable. Ini merupakan salah satu cara untuk memfasilitasi kebutuhan pengunjung kafe. Biasanya para pengunjung ingin eksis di dunia maya dengan mengunggah foto-foto hangout yang keren.

Nah, ada beberapa strategi rahasia yang bisa dilakukan untuk menciptakan interior kafe yang menawan, yaitu:

  • Gunakan warna yang berbeda untuk menciptakan kesan berbeda

Salah satu cara untuk membentuk kesan para pengunjung kafe adalah dengan mengaplikasikan warna-warna tertentu di bagian interiornya. Warna dapat mengubah suasana dan membangun mood. Padu padan warna yang tepat akan menciptakan tampilan yang elegan serta dapat membuat pengunjung lebih betah dan nyaman.

Sebaliknya, jika warna yang digunakan tidak serasi atau asal pilih, bisa dipastikan suasana kafe akan terasa suram atau kurang enak dipandang.

  • Fokus pada dinding dan langit-langit

Area penting yang dapat dimanfaatkan untuk membangun suasana yang diinginkan pada sebuah kafe adalah dinding dan langit-langit. Dekorasi kedua area ini bisa dioptimalkan sehingga kafe terlihat lebih menarik perhatian. Dinding yang terbuat dari bahan beton biasa dan diwarnai dengan cat standar tentu membosankan. Oleh karena itu, supaya desain kafe lebih menonjol daripada yang lain, harus ada sesuatu yang unik di situ.

Caranya adalah menyulap dinding dengan wallpapers atau 3D wall panels yang atraktif. Pemilihan bahan-bahan ini bukan tanpa alasan. Biaya yang lebih murah akan memungkinkan Anda untuk mengganti dekorasi dinding kafe sesuai selera kapan pun diperlukan.

  • Memilih material untuk lantai juga penting

Memilih material untuk lantai juga penting - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - Pinterest.com

3D wall panels – image : Pinterest.com

Selain langit-langit dan dinding, lantai kafe pun merupakan area yang patut mendapatkan perhatian khusus. Selain bahan keramik, ada beragam jenis material yang bisa diaplikasikan pada lantai demi mendukung estetika sebuah ruangan. Salah satunya adalah lantai yang terbuat dari kayu, baik alami maupun sintetis. Kesan yang timbul dari penggunaan kayu adalah natural dan tradisional.

  • Sudut yang unik akan menjadi magnet

Pernahkah Anda melihat sebuah foto yang diunggah oleh beberapa orang yang berbeda, tetapi dengan frame yang sama? Itulah kekuatan sudut instagrammable. Setiap kafe seharusnya memiliki spot khusus seperti ini. Bukan hal yang aneh lagi jika para pengunjung kafe akan memburu sudut-sudut unik sebagai background untuk selfie atau berfoto.

Menariknya adalah jika foto-foto tersebut mulai hits di dunia maya. Ini akan menjadi cara yang efisien dan efektif bagi Anda untuk melakukan promosi gratis. Semakin banyak orang yang datang ke kafe, mengabadikan kehadirannya di spot unik tersebut, serta menyebarkannya di dunia maya, semakin besar dampak yang akan terjadi pada bisnis Anda.

  • Aplikasikan pencahayaan yang tepat

Kunci untuk membuat desain interior kafe tampak lebih menarik adalah pencahayaan yang tepat. Pencahayaan ini dapat diperoleh secara alami maupun dengan menggunakan penerangan lampu. Pada malam hari, peran lampu biasanya lebih dominan untuk memengaruhi suasana.

Lampu yang memancarkan cahaya berwarna kuning biasanya akan menimbulkan kesan yang hangat dan bersahabat. Sebaliknya, lampu berwarna putih terang akan menampilkan kesan tegas. Untuk ruangan seperti kafe, lampu bercahaya kuning biasanya lebih dipilih karena dianggap lebih nyaman.

Jika ingin menonjolkan bagian tertentu pada suatu ruangan, caranya mudah saja. Atur tata letak lampu hingga menyorot pada sudut yang dimaksud. Nah, metode seperti ini dapat digunakan untuk memaksimalkan tampilan 3D wall panels yang diaplikasikan pada dinding ruangan.

  • Menggunakan pajangan atau ornamen tertentu

Cara lainnya untuk menghias kafe supaya tampak menarik adalah dengan memasang pajangan atau ornamen lain yang menarik perhatian. Ini adalah cara yang cukup praktis dan sederhana untuk memudahkan Anda membentuk suasana yang diinginkan pada kafe.

Supaya pajangan ini dapat menciptakan suasana yang tepat, pastikan senada dengan tema ruangan. Jangan sampai kehadiran ekstra pajangan atau ornamen tersebut merusak dekorasi kafe yang semula tampak indah.

Alasan Menggunakan 3D Wall Panels untuk Dinding Kafe

Alasan Menggunakan 3D Wall Panels untuk Dinding Kafe - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - Pinterest.com

3D wall panels – image : Pinterest.com

Berdasarkan ulasan tersebut, dinding ruangan ternyata sangat potensial untuk dihias menggunakan 3D wall panels. Ada beberapa alasan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakannya, yaitu:

  • Terlihat Lebih Hidup

Suasana di dalam ruangan kafe akan menjadi lebih hidup dengan desain 3D wall panels. Tekstur yang menonjol, dipadu dengan sumber pencahayaan yang tepat, akan membuat suasana kafe tidak lagi tampak monoton.

  • Dapat Diganti Setiap Saat

Keuntungan menggunakan 3D wall panels adalah dapat diganti setiap saat tanpa harus merobohkan bangunan. Anda bisa selalu mengikuti tren yang sedang ramai dan mengaplikasikannya di kafe demi memancing minat pengunjung. Sebaliknya, jika Anda menggunakan dinding permanen yang dicat atau dihiasi ornamen tetap lain, biaya untuk membongkar bangunan tentu tidak sedikit.

  • Mudah Diperbaiki Jika Rusak

Mudah Diperbaiki Jika Rusak - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable -eastcoastcreativeblog.com

3D wall panels – image : eastcoastcreativeblog.com

Beberapa jenis panel dinding berbahan tertentu sangat mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan. Biasanya, perbaikan hanya dilakukan pada bagian yang rusak. Ini disebabkan karena panel dinding terdiri atas beberapa bagian berukuran tertentu yang disusun dengan rapi. Jadi, Anda hanya perlu membongkar bagian yang diinginkan.

Ini membuat Anda tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran demi mendapatkan tampilan yang mulus kembali. Tentu saja, strategi ini akan membuat Anda dapat menghemat pengeluaran.

  • Bebas Menciptakan Kesan Imajinatif

Dengan 3D wall panels, Anda bebas menciptakan kesan imajinatif yang diinginkan. Warna dan motif biasanya menentukan hal tersebut. Saat ini, sudah tersedia banyak pilihan panel dinding tiga dimensi dengan pola yang unik dan sangat menarik.

Tips Supaya Desain Interior Kafe Tetap Elegan

 Tips Supaya Desain Interior Kafe Tetap Elegan - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - antikorozijavs.hr

3D wall panels – image : antikorozijavs.hr

Mengandalkan daya tarik 3D wall panels saja belum cukup. Untuk membuatnya terlihat lebih elegan, diperlukan pengaturan yang tepat. Jika tidak demikian, desain interior kafe akan tampak berantakan dan tidak menimbulkan rasa nyaman. Untuk itu, Anda sebaiknya menerapkan beberapa tips berikut ketika sedang mendesain kafe dengan 3D wall panels.

  • Pergunakan lampu dinding atau lampu gantung

Lampu merupakan bagian penting dalam membentuk desain kafe yang diinginkan. Sebaiknya, hindari jenis lampu yang terlalu terang atau mencolok. Pada umumnya, kafe adalah tempat untuk nongkrong dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, aktivitas akan terasa lebih nyaman dengan pantulan cahaya warm light.

  • Gunakan warna-warna yang padu atau serasi

Gunakan warna-warna yang padu atau serasi - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - ibiza-spotlight.com

3D wall panels – image : ibiza-spotlight.com

Main tabrak warna memang dapat menghasilkan dekorasi yang tak diduga dan unik. Namun, jika Anda adalah tipe orang yang cukup sulit untuk menerima perbedaan yang signifikan, lebih baik mulai dengan warna-warna kalem dan menenangkan. Selain itu, warna seperti ini akan lebih mudah diaplikasikan pada dinding yang sesuai berikut furniturnya.

  • Pastikan tidak terlalu ramai atau padat

Dinding kafe yang dihias dengan 3D wall panels akan terlihat lebih dominan dibandingkan keseluruhan ornamen lain di dalam area kafe. Jadi, Anda tidak perlu menampilkan desain lain yang menonjol. Jika tetap memaksakan, ruangan bisa saja terlihat padat, ramai, sumpek, dan tidak nyaman.

  • Pilih pola yang menampilkan ciri khas kafe

Jangan mudah tergoda dengan desain 3D wall panels yang bermacam-macam. Sebaliknya, Anda harus memperhatikan jenis 3D wall panels yang benar-benar sesuai dengan tema kafe yang diusung. Perbedaan yang terlalu menyimpang akan membuat tampilan kafe tidak serasi sehingga para pengunjung juga tidak merasa nyaman.

Pilihan Desain Wall Panels yang Tepat untuk Kafe

Pilihan Desain Wall Panels yang Tepat untuk Kafe - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - jestcafe.com

3D wall panels – image : jestcafe.com

Dengan tampilan yang menonjol (tidak rata), Anda mungkin membutuhkan usaha yang lebih untuk memasang aksesori penunjang supaya tidak merusak pola wall panel. Aksesori juga harus terlihat dengan apik atau tidak mubazir. Inilah tantangan yang dihadapi ketika menggunakan 3D wall panels.

Nah, supaya menata aksesori atau ornamen tambahan dapat lebih mudah, kenali terlebih dahulu dua pola desain 3D wall panels berikut ini:

  • Pola teratur

Bagi Anda yang menyukai keteraturan dan kerapian, pola 3D wall panels jenis ini lebih disarankan. Mulai dari bentuk lingkaran, kotak, atau beberapa pola standar lainnya akan menimbulkan kesan rapi dan formal. Namun, Anda harus hati-hati memilih pola ini karena rentan menimbulkan risiko bosan bagi yang melihatnya.

  • Pola yang tidak teratur

Pola yang tidak teratur - 3D Wall Panels yang Tepat untuk Interior Kafe Supaya Terlihat Instagrammable - upserve.com

3D wall panels – image : upserve.com

Kebalikan dari pola yang teratur, jenis 3D wall panels yang satu ini bersifat abstrak. Anda akan melihat banyak kejutan dari pola yang tersedia. Keunggulannya adalah suasana yang lebih atraktif dan segar. Bagi yang menyukai desain antimainstream, memilih jenis panel dinding yang satu ini lebih disarankan.

 

 

Demikian beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menata desain interior kafe yang menggunakan 3D wall panels supaya terlihat instagrammable. Untuk mendapatkan tampilan yang asyik seperti itu, Anda bisa memesan 3D wall panels dengan menelepon atau mengirimkan pesan ke WA http://bit.ly/62811158309. Semoga bermanfaat.

Komentar

Leave A Comment