Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang indah dan enak untuk dipandang? Semua orang yang tentunya setiap yang memiliki rumah pastinya mendambakan hal tersebut. Tapi, banyak yang mengira bahwa, untuk memberikan keindahan pada setiap hunian harus mengeluarkan uang yang cukup besar sebagai alat bantu dekorasi. Anggapan tersebut sangatlah salah. Anda bisa membuat rumah Anda tampak indah hanya dengan memasangkan wallpaper dinding pada tembok rumah Anda.

 

Wallpaper dinding ini sudah banyak dijual. Tentunya, ada beberapa jenis wallpaper dinding yang bisa Anda temukan. Namun, kami tidak membahasnya di sini.

 

Selain membuat rumah Anda terlihat indah, peran wallpaper dinding juga mampu menjaga dinding rumah Anda. Banyak sekali keunggulan dari penggunaan wallpaper tersebut. Selain untuk menghilangkan kebosanan karena warna cat, wallpaper dinding juga bisa menghilangkan bau serta tembok yang lembab.

 

Berikut di bawah ini kami akan membahas tentang apa saja yang wajib Anda ketahui mengenai wallpaper dinding.

 

Sejarah Wallpaper Dinding

 

Wallpaper dindig pertama kali dibuat oleh Negara China pada Tahun 200 sebelum masehi. Bahan pembuatannyadari kertas yang dihias dengan tangan menggunakan tinta yang bergambar burung dan bunga-bunga dan ditempelkan menggunakan lem yang terbuat dari nasi. Walaupun terdengar sederhana, wallpaper dinding di China melambangkan religius. Tidak seperti sekarang ini wallpaper dinding banyak dipercaya orang melambangkan simbol prosperety atau menjadi simbol kemakmuran.

 

Jenis-jenis Wallpaper Dinding

 

Ada banyak jenis wallpaper dinding. Bahan dasar pembuatannya pun berbeda-beda dan terbagi menjadi 4 jenis

 

  1. Vinyl backing wallpaper
  2. Non-Woven backing wallpaper
  3. Pure backing wallpaper
  4. Fabric backing wallpaper

 

  • Vinyl Backing Wallpaper adalah wallpaper dinding yang terbuat dari bahan vinyl. Wallpaper ini adalah jenis wallpaper dinding yang paling banyak kita jumpai dipasaran. Dengan harga yang terjangkau, wallpaper ini juga memiliki kualitas yang bagus. Jika pemasangannya bagus, wallpaper ini bisa tahan hingga 5 tahun.
  • Non Woven Backing Wallpaper adalah wallpaper dinding yang terbuat dari bahan non woven. Non woven wallpaper jarang ditemukan di Indonesia. Karena harga yang cukup tinggi dan pemasangannya pun jauh lebih rumit dibanding vinyl. Namun, ada satu keunggulan yang unik dari wallpaper dinding ini, yaitu dapat dipindahkan setelah lama pemasangan.
  • Pure Backing Wallpaper adalah jenis wallpaper dinding yang bahan dasarnya terbuat dari kertas. Wallpaper ini tidak begitu banyak dipakai karena bahannya yang mudah sobek dan lecet. Wallpaper jenis ini pun relatif lebih tipis, sehingga menjadi jenis wallpaper dinding yang rentang sobek pada saat proses pemasangan.
  • Fabric Backing Wallpaper adalah wallpaper yang terbuat dari bahan fabric. Wallpaper jenis ini sangat sedikit sekali dapat kita temukan. Harga dari wallpaper ini sendiri pun sangat tinggi. Karena terbuat dari bahan rajutan yang biasanya sangat tebal. Dalam tahap pemasangannya pun sangat sulit dan rumit dan juga berat. Perekat yang digunakannya pun harus menggunakan perekat khusus wallpaper untuk menopang berat dari wallpaper fabric ini. Wallpaper jenis ini banyak digunakan di Istana Kerajaan pada zaman dahulu.

 

Nah demikian pembahasan mengenai wallpaper dinding. Setelah Anda mengetahuinya, kini Anda bisa lebih mudah memilih jenis-jenis mana yang dapat Anda beli dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Kini kami akan melanjutkan sedikit mengenai tahapan-tahapan yang dapat Anda lakukan untuk memasang wallpaper dinding.

 

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dinding dengan menggunakan kain lap basah dan tunggu hingga dinding kering kembali.

Kedua adalah Anda harus menyiapkan perekat khusus untuk wallpaper dinding. Namun, pada beberapa jenis wallpaper dinding biasanya sudah disediakan perekatnya.

Ketiga Anda dapat mengukur ketinggian tembok rumah yang ingin Anda pasangkan wallpaper dinding.

Keempat pasang wallpaper dinding secara perlahan dan jangan terburu-buru dengan menggunakan sedikit tekanan untuk mengindari gelembung pada saat proses pemasangan sedang berlangsung.

 

Lakukan semua tahap dengan benar hingga mendapatkan hasil yang menurut Anda bagus.

 

Jika Anda sedikit mengalami kendala saat proses pemasangan wallpaper dinding tersebut, Anda bisa menghubungi tukang bangunan untuk meminta bantuan memasangkan wallpaper dinding agar bagus dan rapi.

 

Dalam perawatannya sendiri pun wallpaper dinding tidak terlalu rumit. Ada beberapa cara yang aman untuk membersihkan noda yang menempel di wallpaper dinding yaitu:

 

  • Dengan menggunakan kemoceng,berfungsi untuk membersihkan wallpaper dinding dari debu dan kotoran yang menempel. Untuk lebih maksimal lagi Anda dapat menggunakan kemoceng berbahan atau kain elestrotatik agar debu mudah terangkat.
  • Perangkat ini memang digunakan untuk mengangkat debu atau noda yang menempel seperti bekas sidik jari ataupun bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda yang tak terlihat. Namun, kami tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan selotip yang memiliki daya rekat tinggi karena itu akan merusak wallpaper dinding.
  • Air perasan jeruk nipis, berguna untuk membersihkan noda pada wallpaper dinding seperti bahan makanan cair kecap, bekas minuman, dan lain-lain. Atau noda-noda membandal lainnya. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat llau gosokan secara perlahan dengan spons dan keringkan dengan kain atau handuk.

 

Demikian pembahasan dari kami.

Please rate this