Home / Lantai Kayu / Perawatan Lantai Vinyl

Perawatan Lantai Vinyl

Perawatan Lantai VinylLantai merupakan area yang paling rentan terhadap kotoran, penyakit serta goresan di banding sudut lain dari rumah, karena itu kita sudah seharusnya memberikan perhatian lebih untuk area ini. Sebenarnya semua jenis lantai tetap harus dijaga dan dirawat agar tetap bersih dan awet, kali ini kita akan membahas perawatan lantai vinyl. Lantai vinyl sendiri terlepas dari vinyl yang berkualitas ataupun vinyl yang murah, tetap harus dirawat dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk merawat lantai vinyl.

Tips Merawat Lantai Vinyl

1. Perawatan Harian

  • Perawatan harian harus selalu dilakukan agar lantai senantiasa bersih. Selalu bersihkan debu dengan cara menyapu lantai minimal 2 kali sehari. Anda juga dapat membersihkan debu dengan menggunakan vacum cleaner.
  • Lantai juga sebaiknya di pel, walau tidak dilakukan setiap hari, lakukan secara berkala dengan frekuensi jarak yang minim. misalnya 2 kali atau 3 kali sehari. Saat mengepel sebaiknya gunakan 2 ember, satu berisi air dengan campuran pembersih dan satu lagi berisi air bersih untuk membilas. Sebaiknya gunakan pembersih khusus lantai vinyl, jangan gunakan sembarang detergen. Gunakan kain mop yang lembut.
  • Agar hasil lebih maksimal anda juga dapat menggunakan pembersih khusus lantai vinyl yang juga mengandung antiseptik, merk yang terkenal misalnya biopolish.
Read More :   Kriteria Lantai Vinyl untuk Rumah Sakit

2. Perawatan Khusus

  • Untuk menghilangkan goresan ringan pada lantai anda dapat menggunakan produk khusus salah satunya adalah merk WD-40, atau bisa juga dengan menggunakan jojoba oil jika bekas goresan yang tidak terlalu dalam.
  • Jika terdapat noda membandel anda dapat mencoba membersihkannya dengan campuran soda kue, cara campurkan dengan air sampai menjadi pasta yang tebal lalu gosok dengan kain lembut pada noda. Atau bisa dengan mengunakan siakt gigi yang lembut.
  • Untuk noda dari bahan rias atau tinta gunakan alkohol 90 % , bersihkan dengan sikat gigi yang lembut. Sedangkan untuk noda kuteks gunakan caira pembersih kuteks yang tidak mengandung aseton karena aseton dapat merusak vinyl terlebih lagi vinyl murah.

Pada dasarnya lantai vinyl baik yang mahal maupun vinyl murah memang rentan terhadap goresan. Oleh karna itu anda juga sebaiknya menghindari menggeser-geser perabot, sebaiknya juga tempatkan keset di setiap pintu masuk untuk kebersihan.

Check Also

Keuntungan Menggunakan Vinyl Lantai, Rumah Idaman Menjadi Bersih & Rapi

Keuntungan Menggunakan Vinyl Lantai, Rumah Idaman Menjadi Bersih & Rapi

Bersih dan juga rapi merupakan dambaan untuk rumah yang Anda inginkan. Semua orang berharap bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *