Home / Lantai Vinyl / Panduan Memilih Jenis Lantai Kayu Vinyl Untuk Rumah Anda

Panduan Memilih Jenis Lantai Kayu Vinyl Untuk Rumah Anda

Interior rumah membawa peran yang sangat besar bagi hadirnya rumah yang nyaman dan juga indah. Salah satu elemennya adalah lantai. Seiring perkembangan jaman, lantai rumah kini bukan sekedar keramik, granit, atau tegel saja. Namun ada berbagai jenis lantai yang akan membuat tampilan rumah nampak lebih istimewa.

Memilih lantai untuk rumah memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti fungsi dan luas ruangan itu sendiri. Untuk itulah, kehadiran banyaknya pilihan lantai menjadi alternatif bagi banyak ruang yang ingin menjadikan rumah lebih istimewa dan juga berkelas.

Salah satu jenis lantai yang bisa dipertimbangkan diantara banyak pilihan adalah lantai vinyl. Jenis lantai ini banyak digunakan untuk hunian modern dan juga banyak tempat komersial lainnya. Harganya ekonomis dan juga menjadikan rumah atau bangunan lebih mewah dan berkelas. Saat ini lantai kayu vinyl mulai banyak digunakan.

Untuk lebih lengkapnya, ada masih banyak lagi jenis lantai yang wajib kita ketahui sebagai referensi untuk memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah yang nyaman bagi keluarga tercinta.

Berbagai Pilihan Lantai Kayu Vinyl Untuk Rumah Anda

1. Lantau kayu

Banyak hunian modern yang menggunakan lantai kayu. Sejak jaman dulu, kayu memang menjadi bagian dari sebuah bangunan yang keberadaannya tak bisa dipisahkan. Bukan sekdar untuk dinding, kontruksi, dan juga atap, namun material kayu juga banyak dipilih sebagai material lantai yang cukup prestise saat ini. Harganya mahal, dan juga penampakannya sangat mewah dan berkesan modern.

Read More :   Harga Lantai Kayu Tempel, Kelebihan Dan Kekurangannya

Tampilannya membawa nilai estetika tersendiri ke dalam rumah, hingga tidak heran jika banyak yang memilih jenis lantai ini. Kesan yang hangat juga bisa didapat dari aplikasi lantai ini. Kayu pun sudah diolah menjadi bahan yang fleksibel untuk ditempatkan sebagai lantai di sebuah ruangan.

Jenis lantai kayu beragam, ada yang merupakan lantai kayu solid, dan pula jenis lantai kayu yang bahnnya dari bubuk kayu atau disebut pula MDF. Untuk jenis yang kedua ini, merupakan produk lantai terkini dengan teknologi layer yang mencapai tingkat kestabilan sempurna, dikenal juga dengan sebutan engineer parquet. Permukaannya halus, dan bertekstur kayu alami. Kesan alami dan natural praktis bisa didatangkan ke dalam rumah ketika lantai ini diaplikasikan.

2. Lantai marmer dan granit

Kedua jenis lantai ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Untuk hunian modern, penggunannya begitu populer. Marmer sendiri merupakan jensi lnatai yang bahannya lumayan sulit didapat, yakni bahan tambang yang langsung diambil dari alam.

Marmer dan granit adalah jenis batuan alam yang terbentuk selama ratusan tahun dan tidak dapat diperbaruhi, hingga tidak heran jika harga untuk lantai ini sangat mahal, bahkan seringkali stocknya terbatas.

Read More :   Tips Memilih Lantai Motif Kayu Murah Berkualitas

Pengolahannya melalui beberapa proses, seperti pemotongan, dan penghalusan. Ketersediaannya di alam sangat terbatas hingga harganya mahal. Jadi maklum saja jika hanya tipe rumah modern dan berkelas yang menjadikan marmer atau granit sebagai lantai yang diaplikasikan untuk sebuah rumah atau bangunan.

Untuk jenis rumah di kawasan tropis seperti Indonesia, lantai marmer dan granit ini dirasa cocok, karena membawa sensasi sejuk dan dingin, terlebih ketika udara cenderung panas. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa perawatan terhadap lantai ini cukup sulit. Perlu perlakuan khsusus, karena lantai ini mudah menyerap kotoran dan noda.

Corak dan motif dari lantai ini juga mendukung untuk membuat rumah nampak mewah. Namun, jika Anda ingin menghadirkan unsur alam dengan kesan naturalnya layaknya bebatuan granit dan marmer namun budget terbatas, maka bisa mengaplikasikan jenis lantai ian yang lebih ekonomis. Salah satunya adalah dengan aplikasi lantai vinyl, yang menyajikan beberapa pilihan seperti lantai kayu vinyl, maupun PVC vinyl yang menghadirkan berbagai motif.

3. Lantai keramik

Jenis lantai ini lebih populer dibanding jenis lantai lain, seperti lantai vinyl kayu yang belum banyak dikenal orang. Selain karena harganya murah, lantai keramik juga memiliki banyak motif dan warna hingga banyak disukai. Salah satu kelemahannya adalah mudahnya lantai kermaik pecah dan retak. Terlebih ketka pemasangannya kurang tepat dan sempurna, maka lantai ini akan mudah rusak, dan harus segera diganti.

Read More :   Memilih Vinyl Berkualitas Untuk Lantai Rumah Sakit

4. Lantai kayu vinyl

Inilah salah satu jenis lantai yang harganya ekonomis pemasangan yang praktis, sampai dengan corak dan warna yang beragam. Jadi tidak heran jika banyak bangunan modern yang mengunakan lantai kayu vinyl  yang memiliki banyak kelebihan dibanding lantai lainnya. Lantai ini juga lebih tahan terhadap rayap dan air jika dibanding lanta kayu solid. Lantai ini juga sering jadi alternatif lantai parket karena harganya lebih ekonomis. Bukan hanya untuk rumah, banyak bangunan publik yang menggunakan jenis lantai ini yang juga menyajikan ketahanan dan juga keawetan yang relative lama.

Lantai ini bisa didapat dengan bentuk lembaran atau gulungan atau roll. Bisa juga dalam bentuk kotak atau persegi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemasangannya. Harganya relative murah, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung kualitas dan juga motifnya. Jika sudah tahu beberapa jenis latai di atas, manakah yang Anda pilih untuk flooring hunian Anda?

Check Also

Beberapa Daftar Harga Vinyl Lantai Bermotif Kayu

Beberapa Daftar Harga Vinyl Lantai Bermotif Kayu

Daftar harga vinyl lantai – Rumah yang dilengkapi dengan perkakas dan desain interior yang baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *