Home / Lantai Vinyl / Lantai Vinyl Roll, Pilihan Terbaik Untuk Lantai Rumah Sakit

Lantai Vinyl Roll, Pilihan Terbaik Untuk Lantai Rumah Sakit

Banyak yang belum tahu bahwa aplikasi lantai untuk rumah sakit cukup unik dan istimewa. Beberapa kriteria yang harus ada pada lantai untuk bangunan ini adalah mudah dibersihkan dan anti bakteri  hingga bisa tetap steril setiap waktu. Untuk itulah, tidak semua lantai cocok untuk rumah sakit. Salah satu lantai yang diaplikasikan untuk rumah sakit adalah lantai vinyl.

Ada beberapa perusahaan terpercaya yang jual vinyl roll untuk rumah sakit. Tentu saja, seperti halnya lantai vinyl pada umumnya, lantai ini memiliki banyak ragam dan corak dan desain. Pilihlah yang telah memiliki stndar internasional hingga menghadirkan kualitas terbaik untuk rumah sakit. Hal ini untuk menjaga kualifikasi sebuah rumah sakit dan menjaga kenyamanan pasien.

 

Inilah Kriteria Lantai Untuk Rumah Sakit

1. Lantai vinyl yang anti bakteri

Salah satu  kriteria yang tak boleh diabaikan adalah jensi lantai yang anti bakteri. Adanya lapisan ini pada lantai bisa menjaganya tetap higienis dan bersih. Hal ini memungkinkan sebuah ruangan tetap steril. Jensinya ada dua untuk kebutuhan rumah sakit, yakni jenis lantai vinyl heterogeneous dan homogeneous. Standar yang ada pada setiap jenis lantai berbeda, sehingga tidak semua vinyl bisa diaplikasikan untuk kebutuhan rumah sakit.

Jika menginginkan jenis lantai ini, maka pilihan terbaiknya adalah menghubungi perusahaan resmi dan berstandar yang jual vinyl roll untuk rumah sakit. Ingat, bahwa tidak semua vinyl bisa dipasang di rumah sakit, maka telitilah sebelum membeli agar mendapat barang berkualitas terbaik.

Read More :   5 Corak Parket Vinyl

Selain anti bakteri, lantai rumah sakit juga hraus anti bahan kimia. Karena rumah sakit rawan akan tumpahan zat kimia, maka lantai vinyl yang anti bahan kimia menjadi pilihan yang terbaik.

2. Lantai vinyl jenis heterogeneous

Lantai jenis ini memiliki beberapa jenis lapisan, sehingga bagian permukannya berbeda dengan bagian dasarnya. Harganya juga relative berbeda dengan jenis vinyl lain seperti vinyl homogeneous.

Pada jenis heterogeneous, bagian anti bakteri hanya terdapat pada bagian permukaan vinyl saja. sementara pada bagian bawah menggunakan campuran antara karet dengan PVC. Vinyl jenis ini bisa diaplikasikan untuk beberapa ruangan tertentu rumah sakit, seperti ruang UGD, dan ruang perawatan. Untuk mendapat lantai jenis heterogeneous atau homogeneous, maka bisa menghubungi perusahaan yang jual vinyl roll untuk rumah sakit yang terpercaya.

3. Lantai vinyl untuk kamar operasi

Berbeda dengan kamar UGD atau kamar perawatan, lantai vinyl untuk ruang operasi mungkin lebh komplek dan lebih spesial. Lantai untuk ruangan ini harus benar-benar steril dan anti bakteri untuk mendukung fungsi kamar operasi dan juga untuk kenyamanan. Ciri lainnya adalah strukturya yang harus kuat hingga tipe homogeneous banyak dipilih untuk ruangan ini. bahan untuk vinyl ini memilliki satu lapisan utuh anti bakteri pada seluruh bagiannya.

Read More :   Cara Pasang Lantai Vinyl yang Mudah untuk Diikuti

Keunggulan ini menjadikan vinyl jenis ini lebih berkualitas. Dan di satu sisi juga lebih mahal. Keunggulan lainnya yaitu, ketika permukaan lantai rusak, maka lantai vinyl masih telrindungi dari bakteri dan kimia, karena keseluruhan bahannya berkualitas baik dan anti bakteri.

Lantai ini sangat solid dan sulit ditembus oleh noda darah hingga mudah dibersihkan dan lebih awet dan tahan lama. Karena itulah, vinyl ini banyak dijadikan karpet untuk ruang operasi. Untuk mendapatkan jenis karpet istimewa ini, tidak semua toko bangunan menjualnya.  Hubungi perusahaan resmi yang tentunya memiliki standar yang baik dan jual vinyl roll untuk rumah sakit untuk jenis homogeneous jika ingin lantai yang lebih solid dan lebih awet.

4. Pemasangan lantai vinyl  untuk rumah sakit

Berbeda dengan instalasi lantai vinyl pda rumah atau bangunan lain, untuk rumah sakit, lantai ini lebih rumit untuk dipasang. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama, lantai vinyl ini harus dinaikkan ke dinding dengan bentuk melengkung dengan tujuan menghindari kemungkinan ada debu atau kotoran yang terselip di ujung lantai. Untuk membantu proses ini, maka lantai dasar pada bagian siku yang ada di antara dinding dan lantai harus dibentuk melengkung. Kemudian, ujung vinyl harus ditutup dengan penjepit. Hal ini untuk merekatkan karpet vinyl.

Read More :   Material Pelapis Tangga

Sambungan yang ada pada vinyl lalu dilas dengan bahan karet khusus yang sudah disediakan. Tujuannya adalah merapatkan sambungan antar vinyl dengan sempurna. Proses ini memungkinkan tidak adanya celah pada sambungan lantai yang bisa dimasuki debu atau kotoran lain.

Untuk mendapat hasil terbaik, maka memang butuh proses yang rumit. Hal ini tidak lain karena untuk rumah sakit, lantai vinyl bukan hanya dipilih dari segi keindahan dan estetikanya saja, melainkan juga lebih mementingkan fungsi dari keberadaan vinyl ini sendiri.

Untuk mendapat vinyl terbaik, baik untuk sebuah hunian, rumah, kantor, dan untuk rumah sakit sekalipun, pastikan untuk bisa mendapatkan yang menjamin kualitas yang terbaik. Banyak perusahaan yang jual vinyl roll untuk rumah sakit maupun vinyl roll untuk kebutuhan lainnya yang menyediakan bahan berkualitas. Hal ini penting untuk diingat agar hail terbaik bisa kita  dapat setelah kita mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk sebuah lantai yang nyaman.

Check Also

Beberapa Daftar Harga Vinyl Lantai Bermotif Kayu

Beberapa Daftar Harga Vinyl Lantai Bermotif Kayu

Daftar harga vinyl lantai – Rumah yang dilengkapi dengan perkakas dan desain interior yang baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *