Home / Granit / Langkah-Langkah Pemasangan Granit

Langkah-Langkah Pemasangan Granit

Langkah-Langkah Pemasangan Granit

Granit yang merupakan salah satu jenis material flooring yang peminatnya tidak pernah turun. Kesan elegan dan mewah yang terpancar dari kilau serta coraknya menjadikannya pilihan konsumen. Tak sedikit konsumen mempercayakan keindahan rumahnya pada material yang satu ini. Dan memang benar adanya lantai granit mampu meningkatkan nilai estetika suatu bangunan maupun hunian.

Saat ini banyak sekali produk granit murah yang beredar dipasaran, namun jangan sampai terkecoh dengan harga, penting juga untuk memperhatikan kualitasnya. Disarankan sebaiknya memilih produk impor.

Hal yang sangat disayangkan adalah sebagian orang kecewa dengan hasil pemasangan lantai granitnya, proses pemasangan granit sebenarnya tidak sulit. Hanya perlu mengikuti prosedurnya dengan benar maka hasil pemasangan akan maksimal sesuai dengan harapan.

Langkah-Langkah Pemasangan Granit

Dalam artikel kali ini, penulis akan mengulas secara singkat langkah atau cara pemasangan granit tile. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini :

  1. Persiapkan granitnya, pastikan jumlahnya sesuai dengan luas ruangan yang ingin dilapisi granit. Disini anda dapat mencari supplier yang menjual granit murah untuk menghemat pengeluaran anda.
  2. Selanjutnya persipakan lantainya terlebih dahulu, pastikan dasar lantai sudah terplaster semen dengan baik dan rata. Kondisi lantai mempengaruhi hasil akhir pemasangan, jika lantai rata maka hasil pemasangan akan terlihat rapi.
  3. Setelah lantainya siap, maka proses pemasangan granit dapat segera dimulai. Proses pemasangan granit dimulai dari arah dalam ke luar atau dari arah tengah ke samping ruangan, bukan sebaliknya.
  4. Selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah adonan semen sebagai perekat granit. Bila anda menggunakan campuran semen dan pasir maka perbandingannya yaitu 1 : 3, adonan dibuat sedikit kering tidak basah atau lembek. Pada permukaan bawah granit boleh diberikan campuran semen dan air yang kental.
  5. Jika anda menggunakan lem semen, maka cara mengolahnya lihat aturan pakai yang sudah ditentukan. Karena setiap pabrik semen tersebut memiliki prosedur pemakaian tertentu.
  6. Lalu ratakan campuran semen pasir atau lem semen ke dasar lantai, anda dapat menggunakan bantuan trawl saat meratakannya
  7. Buanglah campuran semen pasir sekitar 1.5 cm sepanjang keliling dari granit. Karena begitu granit dipasang akan ada tekanan yang membuat campuran semen pasir meluber ke samping sekitar granit.
  8. Hal yang penting dalam proses pemasangan ini adalah menjaga agar granit terpasang dengan rata. Gunakanlah waterpass agar letaknya selalu rata.
  9. Setelah pemasangannya selesai, sebaiknya lantai dibiarkan beberapa hari. Tidak langsung diinjak begitu selesai dipasang.
Read More :   Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Membeli pada Importir Granit

Jika hendak membeli granit, belilah granit dengan kualitas yang baik. Jika anda mampu membeli produk impor itu lebih baik. Tak perlu khawatir dengan harga, karena isibangunan.com menyediakan berbagai varian granit murah impor langsung dari China.

Check Also

Perbedaan Batu Marmer Granit Asli dan Buatan

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa dipasaran kini sudah banyak terdapat batu marmer granit buatan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *