Home / Lantai Kayu / Jenis Penutup Lantai Untuk Flooring Outdoor

Jenis Penutup Lantai Untuk Flooring Outdoor

Pemilihan jenis lantai bukan hanya penting untuk area indoor saja. Melainkan untuk area outdoor juga harus diperhatikan pemilihan jenis lantainya. Bukan hanya untuk rumah atau hunian saja, namun untuk berbagai area outdoor di hotel, area bangunan public, bahkan taman atau kolam renang juga menjadi area dimana pemilihan flooringnya harus diperhatikan.

Jika selama ini banyak yang mengaplikasikan lantai kayu untuk area ini, maka kita juga perlu tahu jenis lantai lain yang banyak direkomendasikan. Beberapa bahan flooring bukan hanya memaksimalkan fungsi dari area outdoor, namun juga bisa membuat penampilannya menjadi eye catching.

Beberapa Jenis Lantai Untuk Area Outdoor Selain Lantai Kayu

1. Beton

Beton merupakan salah satu flooring yang paling populer. Selain karena murah dan ekonomis, penggunaan beton juga relative mudah. Selain itu, lantai jenis ini juga leih tahan lama dan awet. Kita bisa membiarkannya dalam bentuk dan warna polos.  Kita juga bisa membuatnya lebih menarik dengan aplikasi warna khusus dengan cat tertentu.

Untuk membuatnya lebih menarik, kita bisa mengunakan print motif, seperti daun, bunga, atau motif dengan desain lainnya sesuai selera. Jadi ada banyak cara untuk membuat lantai beton area outdoor menjadi area yang nampak cantik dan  juga elegan.

2. Batu bata

Read More :   Hunian Kece Dengan Karpet Vinyl

Selain lantai kayu dan beton, jenis lantai dari batu bata juga bisa menghadirkan nilai estetika tersendiri. Lantai batu bata juga reatif tahan lama dan disukai oleh banyak orang sebagai flooring yang murah, dan juga mudah didapat.

Lantai jenis ini bisa bertahan dalam berbagai kondisi cuaca yang tak menentu. Permukaannya tidak licin hingga lebih aman dan nyaman. Jika rusak batu bata bisa diperbaiki dengan dlepas dan diganti. Berbeda dengan lantai dari beton yang akan lebih merepotkan cara penggantiannya.

Lantai batu bata, jika ada yang rusak, cukup ganti dengan yang baru pada bagin yang rusak tersebut. Mudah, simpel, dan juga praktis. Selain itu, unsur estetika dari batu bata yang alami ini juga banyak disukai oleh orang.

Berbagai pola bisa dibuat dari susunan lantai batu bata ini, misalnya pola herringbone, flanders weave, sonwheel, sampai pola basket weave. Mau dibuat melengkung atau melingkar, penyusunan batu bata relative felksibel. Aplikasinya bisa juga dipadukan dengan bahan flooring lain, seperti beton.

3. Batuan alam

Jenis flooring ini cocok untuk menghadirkan  lebih dalam nuansa alam dan juga natural. Bisa untuk taman atau bahan area kolam renang yang indah dan juga mewah. Kehadirannya bisa membawa prestise tersendiri bagi pemiliknya.

Ukuran, jenis, motif, dan juga bentuknya sangat variatif, hingga membuatnya mudah digunakan untuk menyusun area outdoor yang menawan. Batuan alam juga lebih tahan terhadap kondisi dan perubahan alam, baik panas maupun hujan. Namun, jenis flooring ini dibandrol dengan harga tinggi. Namun hasil dan juga budget juga akan sesuai, terlebih bagi yang memiliki budget tinggi untuk flooring.

Read More :   Pelapis Lantai Kayu: Hal Yang Harus Dihindari

Pola yang berbeda dan unik bisa didapat dengan mencampur potongan batu alam pada flooringnya. Gabungkan dengan janis batuan lain jika ingin membuat desain dan pola tertentu.  Jenis batuan yang bisa digunakan untuk outdoor sangat beragam, seperti jenis batuan tulis, granit, travertine.

Untuk jenis marmer, sebaiknya tidak digunakan untuk area outdoor karena bisa menjad sangat licin, apalagi jika kerap terkena air jika permukaannya dipoles terlalu halus. Sedangkan untuk jenis batu travertine, jenis ini bisa diaplikasikan karena permukaannya yang tidak licin hingga lebih aman, dan tidak menimbulkan selip. Batuan yang satu ini tidak dipoles hingga memberikan traksi yang lebih baik.

4. Ubin karet

Permukaannya yang tidak licin membuatnya cocok untuk area outdoor. Pengguanannya bisa untuk area outdoor dari rumah, seperti taman atau area kolam renang dan taman bermain. Jenis flooring ini juga salah satu yang mudah ditemui di toko bangunan dengan instalasi yang mudah. Untuk menyajikan  kesan ceria, maka pilihlah ubin karet yang memiliki dua kombinasi warna yang berbeda, hingga bisa menghasilkan efek kotak-kotak atau selang-seling.

Read More :   Jual Vinyl Lantai Roll Murah Dengan Berbagai Desain

5. Lantai kayu

Jenis lantai area outdoor ini bisa membuat area outdoor lebih menawan dan juga mewah cocok untuk hunian modern, dan tempat komersial, seperti hotel. Jenis lantai kayu beragam, mulai dari kayu jati, oak, pinus, mahoni, dan masih banyak lagi jenis kayu lainnya.

Untuk membuat lantai  lebih awet, berikan naungan di atas lantai kayu agar tak terpapar oleh cahaya matahari langsung. Hal  ini bisa membuat keadaan lantai jadi lebih awet dan tahan lama. Tekstur unik dari kayu ini cenderung lebih alami dan merupakan salah satu daya tarik dari jenis flooring ini. Tidak heran jika banyak hotel berbintang yang menggunakan flooring ini.

Untuk menjadikannya lebih menarik maka penyusunan lantai kayu bisa dibuat lebih variatif, seperti memotongnya dalam berbagai bentuk dan ukuran hingga menciptakan pola berbeda dan geometri lantai  unik ketika di susun dan di install untuk flooring yang mewah. Ada banyak jenis lantai yang cocok untuk flooring area outdoor. Nah, yang manakah yang Anda pilih? Pastikan menyesuaikannya dengan fungsi, dan budget sebelum memilihnya.

Check Also

Harga Vinyl Lantai Murah Di Jakarta Dan Kelebihannya

Harga Vinyl Lantai Murah Di Jakarta Dan Kelebihannya

Ada banyak pilihan jenis lantai yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kecocokan rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *