Home / Lantai Kayu / Jenis-Jenis Lantai Kayu Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Lantai Kayu Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Lantai Kayu Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Lantai Kayu – Keindahan sebuah rumah tidak hanya terpancar dari berbagai macam furniture mahal, namun juga dinilai dari jenis lantai yang dipasang. Seperti contohnya rumah dengan lantai kayu, rumah dengan lantai kayu memiliki nilai keindahan yang sangat tinggi, memancarkan aura hangat, serta lantai kayu sangat terasa nyaman dikaki. Awalnya masyarakat berfikir bahwa lantai kayu memiliki harga jual yang tinggi, namun saat ini juga banyak supplier jual lantai kayu murah.

Sebelum menggunakan lantai kayu di rumah anda ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis dari lantai kayu tersebut. Berdasarkan bahan dasar pembuatnya lantai kayu terbagi kepada 2 jenis, yaitu kayu solid dan kayu buatan. Apa perbedaan antara kedua jenis lantai kayu tersebut? Simak ulasannya dibawah ini..

2 Jenis Lantai Kayu & Perbedaannya

1. Lantai Kayu Solid

Lantai kayu ini berupa kayu solid yang berbentuk plank, serta memiliki ketebalan ± 18 mm. Kayu solid memiliki desain standar yaitu terdapat lidah dan alur pada bagian samping kayu.

Kelebihan lantai kayu solid yaitu masih dapat diamplas ulang setelah masa pemakaian selama beberapa waktu, karena umumnya lantai kayu solid hanya melalui proses finishing pada bagian dasarnya saja, dan dapat diperhatikan biasanya kayu yang telah difinishing dasar pada bagian atas alur dan lidar dibuat lekukan kecil.

Sedangkan untuk proses finishing akhir dapat dilakukan setelah lantai kayu solid selesai dipasang, kelebihan lainnya harga jual lantai kayu murah. Adapun kekurangan menggunakan kayu solid ini adalah masih ada kemungkinan kayunya akan kembang susut. Maka dari itu pada proses pemasangannnya sebaiknya di beri ruang beberapa milimeter pada lantai kayu yang bertemu dengan dinding.

Proses pemasangan lantai kayu solid bergantung pada ketebalan dari kayunya, untuk lantai kayu dengan ketebalan dibawah 18 mm lebih mudah, dapat menggunakan lem. Sedangkan untuk lantai kayu dengan ketebalan ± 18 mm harus menggunakan paku khusus.

Jenis-Jenis Lantai Kayu

2. Lantai Kayu Buatan

Read More :   Tahapan Memasang Lantai Kayu Parket

Lantai kayu buatan dapat langsung dipasang di atas lantai, dan dapat juga pasang pada lantai beton. Lantai kayu buatan memiliki ketebalan ± 15 mm yang sudah di finishing sampai lampisan akhir. Kelebihan lantai kayu buatan yaitu sangat mudah dalam proses pemasangannya serta dapat dipasang dimana saja, diseluruh ruangan.

Selanjutnya karena lantai kayu buatan sudah di finishing sampai lapisan akhir maka pada saat pemasangan akan lebih bersih dan cepat. Setelah mengetahui 2 jenis dari lantai kayu tersebut anda dapat mulai mempertimbangkan lantai kayu jenis mana yang cocok untuk anda. Setelah menentukan pilihan anda segeralah kunjungi supplier jual lantai kayu murah.

Check Also

Cara Pasang Lantai Vinyl yang Mudah untuk Diikuti

Cara Pasang Lantai Vinyl yang Mudah untuk Diikuti

Cara pasang lantai vinyl – Keramik dan marmer bukan satu-satunya jenis lantai yang dapat memperindah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *